English


Español


Français


Italiano


Deutsch


Português


日本語


한국어


Bahasa
Indonesia




White Balance Color Temperature Kelvin Meter

Penting

Tunjukkan kamera perangkat Anda ke permukaan putih, seperti selembar kertas, untuk mengukur suhu warna

Ukur

Untuk mengukur suhu warna cahaya, temukan permukaan yang putih atau abu-abu. Selembar kertas putih bekerja dengan sempurna. Pastikan untuk menghindari warna apa pun di permukaan. Tunjuk kamera ke arah permukaan tersebut. Jika Anda mengarahkan kamera perangkat Anda ke permukaan yang rata, tidak akan ada teks peringatan di layar dan aplikasi akan menunjukkan suhu warna cahaya yang jatuh pada permukaan tersebut. Di sudut kiri atas, aplikasi juga akan merekomendasikan pengaturan keseimbangan putih untuk Anda digunakan pada kamera Anda dalam kondisi pencahayaan ini. Jika Anda ingin mengukur suhu warna dari sumber cahaya khusus, sangat penting bahwa Anda menerangi permukaan hanya dengan sumber cahaya ini dan tanpa cahaya sekitar, karena itu akan memberikan pengukuran yang salah.

Waktu Antara Pengukuran

Pengukuran dilakukan secara kontinu sekitar satu kali setiap detik atau sesuai pengaturan yang Anda gunakan. Untuk mengubah waktu antara setiap pengukuran, buka tab Pengaturan dan klik "Time Between Measurements".

Waktu singkat memiliki keuntungan bahwa nilainya akan memperbarui nilai Suhu Warna, pengaturan kamera yang direkomendasikan, dan Peringatan Otomatis lebih sering. Kekurangannya adalah itu menguras baterai sedikit lebih cepat.

Sebuah bar animasi kecil di tab beranda menunjukkan waktu antara setiap pengukuran.

Peringatan Otomatis

Aplikasi berusaha membantu Anda dengan menampilkan peringatan di atas layar pratinjau kamera ketika curiga bahwa kamera tidak diarahkan ke permukaan putih yang rata atau bahwa cahaya tidak cukup untuk membuat pengukuran yang dapat diandalkan. Perlu diingat bahwa ketiadaan peringatan ini tidak menjamin bahwa ada cukup cahaya atau bahwa cahaya diarahkan ke permukaan yang tepat. Misalnya, itu tidak dapat memperingatkan Anda jika Anda mengarahkan kamera ke permukaan yang diwarnai dengan beberapa warna. Dan permukaan yang diwarnai, bahkan dengan sedikit warna, biasanya akan membuat pengukuran benar-benar salah. Pada beberapa perangkat juga bisa terjadi masalah bahwa ada peringatan meskipun permukaan yang digunakan sudah sempurna.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa peringatan otomatis diperbarui sesuai dengan frekuensi yang diatur oleh pengaturan "Time Between Measurements". Dengan kata lain, jika "Time Between Measurements" yang dipilih besar, Anda harus menunggu sedikit lebih lama agar peringatan diperbarui saat Anda bergerak menggunakan perangkat Anda.

Apa itu Suhu Warna?

Suhu warna adalah karakteristik cahaya yang terlihat yang mengukur corak cahaya dari sumber cahaya. Suhu warna biasanya diukur dalam Kelvin (K). Suhu warna rendah (di bawah 4000 K) disebut sebagai warna hangat atau putih kekuningan, sedangkan suhu warna tinggi (di atas 6000 K) disebut sebagai warna dingin atau putih kebiruan. Secara teknis, suhu warna adalah suhu radiasi benda hitam ideal yang memancarkan cahaya dengan corak yang sebanding dengan sumber cahaya.

Image

Kapan Suhu Warna Penting?

Suhu warna sangat penting dalam segala jenis fotografi berwarna. Mata manusia dengan mudah mengompensasi suhu warna dari berbagai sumber cahaya. Sebagian besar kamera saat ini memiliki fitur yang disebut Keseimbangan Putih Otomatis, AWB, yang mencoba melakukan hal yang sama. Dalam beberapa kondisi, ini berfungsi dengan baik, dalam kondisi lain hasilnya buruk. Oleh karena itu, banyak fotografer lebih suka menyetel nilai keseimbangan putih secara manual pada kamera untuk mencocokkan suhu warna dari adegan saat ini. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengukur suhu warna sebelum menyetel keseimbangan putih pada kamera Anda, untuk mendapatkan pengaturan yang lebih akurat.

Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk mempelajari suhu warna di lingkungan Anda. Dengan pengetahuan ini, Anda dapat mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana suhu warna bervariasi, yang membantu Anda ketika mencoba menguasai cahaya dan warna dalam fotografi Anda.

Pengaturan Kamera yang Disarankan

Pada layar pengukuran, di bagian kiri atas, ada ikon yang menunjukkan Pengaturan Kamera yang Direkomendasikan.

Pengaturan Kamera yang Disarankan didasarkan pada suhu warna yang diukur dan merupakan saran tentang pengaturan White Balance yang harus digunakan untuk kamera Anda.

Seberapa Akurat Pengukuran Ini?

Mengukur suhu warna dengan akurat lebih kompleks daripada yang mungkin terlihat. Di telepon atau tablet, ini menjadi lebih rumit oleh kenyataan bahwa semua perangkat berbeda satu sama lain. Nilai yang tidak dikalibrasi dari aplikasi dapat dianggap sebagai perkiraan yang cukup baik. Tetapi dengan menggunakan Kalibrasi (lihat di bawah) dan permukaan putih yang sesuai dengan cahaya yang merata oleh sumber cahaya yang Anda ukur, Anda biasanya dapat mendapatkan akurasi yang sangat baik.

Kalibrasi

Menetapkan nilai kalibrasi yang salah dapat menyebabkan pengukuran menjadi benar-benar salah! Harap gunakan fitur kalibrasi dengan hati-hati dan hanya jika Anda memahami apa yang Anda lakukan.

Ada banyak telepon dan tablet yang berbeda. Mereka memiliki kamera yang berbeda dan sayangnya mereka juga menangani warna dengan cara yang berbeda. Pada sebagian besar perangkat, aplikasi ini memberikan akurasi yang baik tanpa kalibrasi, tetapi pada beberapa perangkat, pengukuran akan menyimpang secara substansial dari nilai sebenarnya. Untuk membantu ini, Anda dapat mengkalibrasi aplikasi untuk perangkat Anda yang spesifik.

Untuk melakukan kalibrasi, Anda memerlukan setidaknya satu sumber cahaya dengan suhu warna yang diketahui. Ini bisa berupa sumber cahaya LED yang ditandai dengan 3.000 Kelvin sebagai contoh. Namun perlu diperhatikan bahwa penandaan ini cukup tidak akurat (sering beberapa ratus derajat Kelvin terlambat) dan biasanya berubah selama masa pakai LED. Namun demikian, ini seringkali merupakan yang terbaik yang tersedia bagi sebagian besar orang. Jika memungkinkan, gunakan juga sumber cahaya kedua dengan suhu warna yang diketahui tetapi benar-benar berbeda untuk mendapatkan titik kalibrasi lainnya. Gunakan permukaan yang sama (sebaiknya kertas putih) selama kalibrasi, seperti saat mengukur sumber cahaya yang tidak dikenal. Sangat penting juga bahwa Anda menerangi permukaan hanya dengan sumber cahaya yang Anda kalibrasi dan tanpa cahaya sekitar.

Proses kalibrasi adalah sebagai berikut:

  1. Buka tab "Calibration"
  2. Klik tombol "Set default calibration" untuk mereset kalibrasi
  3. Buka tab "Home"
  4. Biarkan sumber cahaya dengan suhu warna yang diketahui menerangi permukaan putih, seperti kertas putih, tanpa adanya cahaya lain yang menyinari permukaan yang sama. Arahkan kamera perangkat Anda ke permukaan ini dan catat pembacaan suhu warna tidak dikalibrasi yang diberikan oleh aplikasi.
  5. Buka tab "Calibration"
  6. Klik "Edit" pada titik kalibrasi yang disebut "Map from 3000 K to 3000 K" (atau tambahkan titik kalibrasi baru dengan mengklik tombol "Add calibration point")
  7. Setel nilai "from" ke pembacaan suhu warna yang tidak dikalibrasi yang diberikan oleh aplikasi pada langkah 4
  8. Setel nilai "to" ke nilai suhu sebenarnya yang diketahui

Langkah 3 hingga 8 dapat diulang jika Anda memiliki lebih banyak sumber cahaya dengan suhu warna yang diketahui. Harap dicatat bahwa sumber cahaya biasanya harus terpisah lebih dari seribu derajat Kelvin agar dapat meningkatkan kalibrasi.

Pengukuran yang Disimpan

Anda dapat menyimpan setiap pengukuran dengan mengklik tombol "Save" di pojok kanan atas tab "Home", saat melakukan pengukuran.

Di tab "Saved Measurements" ditampilkan semua pengukuran yang telah Anda simpan. Untuk menambahkan atau memperbarui komentar pada pengukuran yang disimpan, klik pada pengukuran yang disimpan. Untuk menghapus pengukuran yang disimpan, geser pengukuran ke kiri atau kanan.

Pengukuran Magenta / Hijau

Untuk melengkapi pengukuran suhu warna, aplikasi ini mendukung pengukuran dasar pada sumbu magenta / hijau. Nilai negatif menunjukkan warna magenta, sementara nilai positif menunjukkan warna hijau.

Filter Flash

Aplikasi secara otomatis menghitung filter apa yang harus ditempatkan di lampu kilat Anda untuk cocok dengan suhu warna yang diukur. Anda dapat memberi tahu aplikasi suhu warna apa yang dimiliki lampu kilat Anda dan filter apa yang Anda miliki, dan aplikasi akan memberi tahu Anda filter mana yang harus digunakan.

Sesuaikan Area Pengukuran

Aplikasi mengukur suhu warna di area yang ditunjukkan oleh persegi panjang di pratinjau kamera di tab utama. Untuk menyesuaikan ukuran area itu, cukup seret panah di pinggir persegi panjang, ke kiri atau kanan. Misalnya, Anda mungkin ingin mengurangi area jika permukaan putih atau abu-abu yang Anda gunakan saat mengukur kecil atau perlu menjauhkannya sedikit dari ponsel dan tangan Anda untuk menghindari terbentuknya bayangan di atasnya.

Pemecahan Masalah

Jika Anda menemukan bahwa pengukuran tidak benar, periksa kemungkinan penyebab ini.

Apakah Anda secara keliru mengarahkan kamera perangkat Anda ke arah sumber cahaya?

Kamera harus menghadap ke permukaan putih, seperti selembar kertas putih, dan tidak menghadap ke sumber cahaya yang ingin Anda ukur.

Apakah permukaan disinari oleh lebih dari sekadar sumber cahaya yang ingin Anda ukur?

Pastikan bahwa permukaan putih yang Anda ukur hanya disinari oleh sumber cahaya yang ingin Anda ukur dan tidak ada sumber cahaya lain.

Apakah ada titik kalibrasi yang salah?

Memasukkan nilai kalibrasi yang tidak benar untuk perangkat Anda kemungkinan besar akan menghasilkan pengukuran yang salah. Setel ulang kalibrasi (dan jika diperlukan, lakukan kalibrasi baru).

Apakah permukaan memiliki warna sedikit?

Pastikan bahwa permukaan yang Anda gunakan untuk mengukur sumber cahaya adalah putih (atau abu-abu) tanpa ada warna sedikit pun. Sebagai contoh, kertas yang sedikit kuning akan membuat pengukuran menjadi terlalu rendah.

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

Saya menginstal ulang aplikasi, bagaimana cara mendapatkan akses tanpa batas lagi?

Buka tab "Settings". Klik "Go Unlimited". Klik tautan "Restore Purchase" di tengah halaman tersebut.

Kebijakan Privasi dan Perjanjian Lisensi Pengguna Akhir

Di sini Anda akan menemukan Perjanjian Lisensi Pengguna Akhir dan Kebijakan Privasi dari aplikasi.

Kontak

Jangan ragu untuk menghubungi saya jika Anda memiliki pertanyaan atau ide perbaikan. Saya mencoba untuk menjawab semua email. apps@contechity.com

app-store google play

http://kelvin-meter.contechity.com